Tuesday, November 13, 2007

Sigur Rós

Sigur Rós Mungkin banyak yang belum mengenal band yang terbentuk pada tahun 1994 ini. Dengan empat orang personelnya, jón þor (jónsi) birgisson (vocals, guitars), kjartan (kjarri) sveinsson (keyboards), orri páll dýrason (drums) and georg (goggi) holm (bass) mereka mengibarkan bendera Sigur Rós, nama yang dipilih untuk band asal Reykjavík, Iceland (Eropa) itu.

Nama sigur rós diambil dari bahasa Iceland-Islandia yang berarti "victory rose" (mawar kemenangan). Nama itu digunakan bersamaan dengan lahirnya adik jónsi yang diberi nama Sigurrós (tanpa spasi) dan nama itu juga merupakan nama yang umum dimiliki oleh para wanita di sana.

Mereka mendunia lewat karya yang unik tapi mengejutkan. "von" 1997, dilanjutkan dengan "von brigai (recycle bin)" 1998 membuat nama mereka menjadi rock star baru di jajaran musik dunia. Kemudian diperkuat oleh dilepasnya album "agaetis byrjun" 1999, "( )" pada 2002 dan yang terakhir adalah "Takk (Thanks...)" pada tahun 2005. Sigur Rós juga mengerjakan banyak 'sountrack' film seperti "Vanila Sky" (Tom Cruise-2001) dan serial TV CSI : Crime Scene Investigation. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa 'single', yang terbaru adalah Sæglópur (2006).
Musik mereka yang unik, mengalun perlahan dan menonjolkan sisi yang lebih gelap. Les Paul Gitar yang dipadukan dengan penggesek Cello oleh jónsi memang memberikan warna musik khas bagi sigur rós, terasa lebih gelap dan penuh dengan 'reverb', membawa siapapun yang mendengarnya ke dalam landscape unik Iceland, seperti yang menjadi misi dalam setiap lirik dan musik mereka. Musik memang menjadi andalan mereka dalam menyampaikan pesan, karena bahasa yang digunakan memang bukan bahasa lazim grup besar,bahasa inggris, namun mereka menggunakan bahasa Iceland, Icelandic dan hopelandic (Vonlenska, nama daerah di Iceland). Justru itulah yang membuat mereka menjadi unik.Tanpa menambah daftar keunikan karya-karya mereka, namun fakta bahwa sang frontman, jónsi, adalah seorang gay (homo seksual) dan mempunyai kebutaan pada salah satu matanya, tidak dapat dikatakan biasa. Fakta yang lain basis mereka pernah menggunakan stick drum untuk membuat suara "aneh" pada ornamen bassnya, metode itu mereka gunakan untuk penggarapan album "von".*

No comments: