Saturday, December 1, 2007

Burgerkill


DUNIA MUSIK Indonesia berduka. Burgerkill, band hardrcok asal Ujung Berung sedang mengibarkan bendera kuning. Vokalis sekaligus frontmant-nya, Ivan [28 tahun], meninggal dunia lantaran sakit yang dideritanya di Bandung.

MENDENGAR nama BURGERKILL, buat kamu yang biasa berkiprah di scene underground tentu bukan nama baru lagi. Maklumlah, band yang mengusung hardcore ini termasuk ’bangkotan’ di kancah musik yang kerap dituding "menonjolkan kegelapan" itu.

Lahir secara "iseng -iseng" (begitu kata Ebenk, gitaris) tahun 1995 di daerah Ujung Berung (daerah ini sering disebut Bandung Coret, karena berada di pinggiran -red), BK mengambil nama plesetan dari sebuah restoran di sekitar markas mereka.

Mungkin awalnya hanya sebagai side project dari Ebenk yang sebelumnya sudah "terjun" di scene underground di Jakarta, sebelum meneruskan sekolah di Bandung. Cita-cita mereka berubah lebih serius ketika single mereka masuk di CD Kompilasi band-band Bandung garapan Richard Mutter (dramer PAS Band -red) bertajuk masaindahbangetsekalipisan tahun 1997.

Ketika mereka masuk ke SONY MUSIC dan merilis album baru BERKARAT, ada beberapa kalangan yang menuduh BK berkhianat.

Album BERKARAT mereka, meski masuk ke label major, tidak banyak berubah dari apa yang sudah mereka anut selama ini. Lagu-lagu di album ini lebih progresif. Hampir tidak ada nuansa Straight Forward dan mosh part yang sederhana lagi, seperti di awal-awal album mereka. Masuknya Agung, gitaris, ternyata membawa pengaruh yang cukup kuat. Suara Ivan yang kasar, makin kuat dengan gaya bengalnya.

Sebelum meninggal, Ivan sempat merampungkan album ke-2 bersama major label, yang sayangnya belum sempt dirilis. Kini band yang terakhir diawaki Ebenk (gitar), Agung (gitar), Andris (bas), dan Toto (dram), harus kehilangan seorang rekan yang mereka sayangi. Selamat jalan Ivan

No comments: