Tuesday, November 13, 2007

Funeral For A Friend


Bagi mereka yang sedang tergila-gila dengan musik jenis post-hardcore atawa yang berbau emo, nama band asal Inggris (UK) yang satu ini, Funeral For A Friend-FFAF, jelas bukan nama yang baru.

Funeral For A Friend lahir di tahun 2001. Nama tersebut mulai digunakan saat mereka merilis EP pertamanya, Between Order & Model (2002), setelah sebelumnya sempat menggunakan January Thirst sebagai nama mereka. Nama FFAF sebenarnya diambil dari salah satu lagu milik sebuah band, Planes Mistaken for Stars. Namun kabarnya ada juga yang menyebutkan bahwa nama itu diambil dari bait kedua sebuah puisi karya Linda Ellis yang berjudul "The Dash".

Mereka terdiri dari Matt Davies-lead vocals dan gitar, Gareth Davies-bass dan vocals, Kris Coombs Roberts-gitar, Ryan Richards-drums-vocals, dan Darran Smith-gitar. Setelah resmi menggunakan nama Funeral For A Friend, mereka pun kembali merilis EP kedua mereka, Four Ways to Scream Your Name (2003) yang di produseri oleh Colin Richardson. EP kedua mereka itu berhasil mencuatkan nama mereka berlima. Pertengahan 2003 Kerrang!! Award mengganjar mereka dengan penghargaan "Best UK Newcomer" yang mampu mengalahkan dominasi The Darkness-band yang sedang naik daun saat itu. Masih di tahun yang sama, album perdana FFAF-pun dilepas ke pasaran. Bertitel "Casually Dressed & Deep in Conversation," album tersebut siap tanding pada 20 Oktober 2003. Dibawah arahan Colin Richardson, album itu berhasil mencuri perhatian dengan single hit yang berhasil naik keposisi 20 besar di beberapa chart seperti "Juneau" (#19), "She Drove Me to Daytime Television" (#20), "Escape Artists Never Die" (#19). Band yang pernah menjadi headline di the Reading and Leeds Festivals itu cukup lama disibukkan dengan tour dan promosi album perdana mereka sehingga album keduanya dirilis dengan jarak yang cukup lama yakni sekitar dua tahun. Baru pada 14 Juni 2005 mereka kembali hadir dengan album kedua, “Hours.” Untuk albumnya yang kedua ini mereka di produseri oleh Terry Date dan direkam di dua studio kepunyaan Pearl Jam. Dan kabarnya sang vokalis, Matt Davies merekam suaranya diatas mobil di sepanjang WA street.Lagi-lagi mereka berhasil membuat Kerrang!! mengganjar mereka dengan penghargaan "Best British Band" pada bulan Agustus. Tahun 2005 dan tahun 2006 sepertinya menjadi tahun dimana nama mereka melambung. Bersama Atreyu, Saosin, Hawthorne Heights, dan Thrice mereka menggebrak di Warp Tour (2005) yang dilanjutkan dengan Reading and Leeds Festivals di panggung utama. Mereka juga berhasil menjadi headline bersama dengan Killswitch engage, Story Of The Year dan The Used pada Taste of Chaos tour (2006). Di akhir 2006 mereka memutuskan untuk memfokuskan diri pada pengerjaan album mereka yang berikutnya, meski ada beberapa tour yang tetap dijalani. Tahun 2007 ini, rencananya mereka akan melepas album ke tiga, Tales Don't Tell Themselves, pada bulan Mei. Meski tanggalnya belum pasti, namun informasi lainnya tentang album dan tour-tour yang digelar bisa dicek bocorannya di Myspace mereka. Prediksinya, album tersebut akan dipadati oleh kualitas sound asli dari Funeral For A Friend seperti yang telah mereka lakukan di album mereka yang pertama.*

No comments: