Saturday, December 1, 2007

Gitaris Queen Diangkat Sebagai Rektor Universitas Inggris





London (ANTARA News) - Gitaris Queen, Brian May, telah diangkat sebagai Rektor Liverpool John Moores University di Inggris, universitas tersebut mengumumkan Senin.

May, yang lagu-lagu terkenal bandnya antara lain "Bohemian Rhapsody", akan mulai memangku jabatannya sebagai pimpinan kehormatan universitas itu pada Pebruari mendatang, saat ia mengambil alih tugas ini dari Cherie Blair, istri mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

"Tentu saja saya akan merayakannya nanti malam. Bagaimana caranya? Dengan daging panggang vegetarian dan segelas anggur pilihan!" kata May dalam pernyataannya yang dirilis universitas.

May mendapat gelar doktor dalam bidang astrofisika pada Agustus tahun ini. Ia memulai menyusun disertasi PhD-nya pada 1974, namun meninggalkan kegiatan itu ketika popularitas Queen kian melambung sebelum kembali ke bidang studinya pada tahun lalu.

Ia harus membersihkan onggokan catatan kuliahnya yang ditutupi debu karena terlalu lama ditinggalkan dan kemudian menyerahkan tesis doktornya yang bertajuk "Kecepatan Radial Dalam Awan Debu Zodiak" dan terdiri atas 48.000 kata kepada Kepala Departemen Astrofisika Imperial College, Profesor Paul Nandra.

Tugasnya sebagai rektor kehormatan akan meliputi memimpin upacara wisuda dan mewakili universitas pada berbagai kegiatan khusus.

"Brian May adalah pribadi yang sangat berbakat yang mencapai sukses global dengan Queen," kata kepala eksekutif dan wakil rektor universitas, Profesor Michael Brown, kepada AFP.

"Dalam masa budaya pesohor ini, jarang menemukan seorang yang dikarunia kemasyhuran, nasib baik dan pengakuan internasional, namun tetap mempertahankan nilai-nilai hakikinya, yakni belajar dan pencerahan.

No comments: